Banyak Nakes Terjangkit Covid-19, Beberapa RS di Bandung Terpaksa Tutup Layanan Sementara

Banyak Nakes Terjangkit Covid-19, Beberapa RS di Bandung Terpaksa Tutup Layanan Sementara
Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial

WJtoday, Bandung - Beberapa rumah sakit di kota Bandung, Jawa Barat, terpaksa harus menutup layanan sementara untuk pasien Covid-19. Hal ini disebabkan banyak tenaga kesehatan yang juga ikut terpapar virus tersebut.

"Ada beberapa rumah sakit yang menyampaikan bahwa mereka sudah berat untuk menampung pasien. Persoalannya bukan sekadar penuhnya tempat di rumah sakit yang menerima pasien terpapar, melainkan ditambahnya tenaga kesehatan yang ikut terpapar sehingga sumber daya manusia ikut berkurang," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Lonjakan kasus Covid-19 di kota Bandung memaksa tiga fasilitas kesehatan di beberapa rumah sakit harus ditutup sementara. Di antaranya RS Edelweiss, RS Cibabat, dan RSUD Kota Bandung Ujung Berung.

Pemerintah harus terus berupaya menambah fasilitas kesehatan. Selain tenaga kesehatan yang terpapar, suplai terhadap gas oksigen menjadi kendala lainnya. 

Hingga saat ini pemerintah Kota Bandung masih akan terus memastikan hal tersebut dapat teratasi. Demi membantu pemerintah, masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah. Apabila terdapat kepentingan pekerjaan, selalu terapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin. ***