Banjir Bandang di Batu, Korban Meninggal Terus Bertambah

Banjir Bandang di Batu, Korban Meninggal Terus Bertambah
Banjir Bandang (AFP)

WJtoday, Batu - Peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Batu pada Kamis (4/11/2021) sore menimbulkan korban jiwa dan beberapa warga hilang terseret arus banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal akibat banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, bertambah menjadi lima orang.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan dari lima korban meninggal itu, tiga diantaranya belum teridentifikasi.

"Laporan terkini pukul 10.00 WIB lima korban meninggal dunia," kata Abdul dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/11).

Abdul mengatakan, tim gabungan sampai saat ini masih terus berupaya melakukan langkah-langkah percepatan penanganan banjir bandang dengan mengutamakan operasi pencarian pertolongan.

"Pembersihan sisa material banjir bandang, mendirikan tempat pengungsian dan distribusi logistik kepada para penyintas," ujarnya.

Sementara, kata dia, bantuan yang telah didistribusikan meliputi selimut 200 lembar, tenda pengungsi 2 unit, lauk pauk 201 paket, matras 200 lembar, makanan siap saji 204 paket dan masker 2.000 lembar.

Sebelumnya, Abdul menyebut BPBD Kota Batu juga mencatat, banjir bandang itu telah menyebabkan kerugian materil. Sebanyak 17 unit rumah rusak, 28 sepeda motor rusak dan 3 unit mobil rusak.

Selain itu, 8 ekor hewan ternak hanyut terseret derasnya arus sungai dan 6 kandang hewan ternak rusak berat.

Banjir bandang di Kota Batu disebabkan oleh hujan deras akibat fenomena La Nina di wilayah di Jatim. Intensitas hujan tinggi membuat arus sungai Brantas meluap ke sejumlah desa sekitar.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Batu, Kamis (4/11) menyebabkan 6 titik lokasi di tergenang akibat banjir bandang. Enam titik lokasi terdampak hujan deras dan banjir bandang yang meninggalkan material masing-masing Dusun Sambong, Desa Bulukerto (Bumiaji), Jalan Raya Dieng Desa Sidomulyo (Batu), Dusun Beru, Desa Bulukerto (Bumiaji), Desa Sumberbrantas (Bumiaji), Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo (Batu) dan Dusun Gemulo, Desa Punten (Bumiaji).***