Balap Tanpa Pelindung Dada Bikin Quartararo Kena Penalti Ganda di MotoGP Catalunya

Balap Tanpa Pelindung Dada Bikin Quartararo Kena Penalti Ganda di MotoGP Catalunya
Fabio Quartararo yang membalap tanpa pelindung dada di lap-lap terakhir MotoGP Catalunya 2021 (6/6/2020) / (sreen capture)

WJtoday, Bandung - Pebalap dari Tim Monster Energy Yamaha asal Prancis Fabio Quartararo benar-benar bernasib sial di balapan MotoGP seri GP Catalunya 2021. Pasalnya hukuman penalti bagi dirinya ditambah lagi pengurangan 3 detik akibat membalap dengan baju terbuka dan tanpa pelindung dada.

Dalam lomba yang digelar pada Minggu (6/6/2021) El Diablo melintasi garis finis di peringkat tiga namun karena memotong lintasan di tikungan 1 dan 2 di pengujung lomba, maka ia mendapat penalti tiga detik yang pertama sehingga posisi finisnya turun ke posisi keempat.

Menurut  laman resmi MotoGP yang dikutip pada Senin (7/6/2021), dalam rekaman menunjukkan Quartararo membuka ritsleting baju balapnya dan membuang pelindung dada setelah disalip Zarco di tiga lap terakhir.

Kamera on board menangkap rider Yamaha ini membuka retsleting di jaket kulit pelindungnya dan membalap secara dada terbuka dengan pelindung dadanya sudah tak ditempat. 

Baca juga: Quartararo Masih Puncaki Klasemen Sementara Usai MotoGP Catalunya 2021

Media-media Perancis berspekulasi airbag di dada sang rider meledak secara tidak sengaja dan ia harus melepasnya.  Siaran ulang televisi setelah balapan menangkap gambar Quartararo melepas pelindung dadanya dan melempar peralatan keamanan tersebut ke lintasan. 

"Anda tak bisa bernafas apabila pelindung dada mengembang," tutur komentator di siaran FOX SPorts.

Dengan tambahan penalti karena melanggar aspek keselamatan dengan baju balapnya, maka posisi finis Quartararo harus turun lagi ke posisi keenam. 

Baca juga: Miguel Oliveira Sukses Jadi Juara di MotoGP Catalunya 2021

Meski demikian, sang pebalap muda yang menggantikan Rossi di Yamaha ini masih menghuni puncak klasemen sementara dengan koleksi 115 poin, unggul 14 poin dari kompatriotnya, Johann Zarco dari tim Pramac Racing yang finis kedua di Catalunya.  ***