Bahlil Lahadalia Ingatkan PPKM Bakal Pengaruhi Investasi di Kuartal III 2021

Bahlil Lahadalia Ingatkan PPKM Bakal Pengaruhi Investasi di Kuartal III 2021
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)/Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

WJtoday, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)/Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan realisasi investasi di kuartal III 2021 akan dipengaruhi oleh efektivitas penanganan pandemi virus Corona (Covid-19).

“Bagaimana kuartal III 2021 tidak terlalu jeblok, maka PPKM bisa selesai di awal Agustus. Kasus harian sudah membaik, tingkat kesembuhan membaik, jangan dibuat stres,” kata Bahlil saat Konferensi Pers, Selara (27/7).

Adapun data BKPM/Kementerian Investasi menunjukkan realisasi investasi pada semester I-2021 sebesar Rp 442,8 triliun. Angka tersebut tumbuh 10% dibandingkan pencapaian sama tahun lalu sebesar Rp 402,6 triliun.

Pencapaian tersebut setara dengan 49,2% dari target realisasi investasi di akhir 2021 sebesar Rp 900 triliun. Artinya di periode semester II-2021, pemerintah musti mendatangkan aliran modal sebesar Rp 457,2 triliun supaya bisa mencapai target.

Untuk itu, memasuki periode semester II 2021, yakni di awal kuartal III 2021, pemerintah berupaya menggenjot investasi dengan cara jemput bola. Salah satu yang dilaksanakan, BKPM telah mengunjungi AS pada pertengahan bulan ini guna menarik investasi.

Hasilnya, Cargill perusahaan asal AS akan berinvestasi sebesar Rp 5,2 triliun. 

“Mereka akan ground breaking pada Oktober tahun ini. Selain itu, ada beberapa perusahaan dari AS lainnya, tapi kami belum bisa umumkan,” ucap Bahlil.***(agn)