Babak Belur Dihajar Vietnam, Shin Tae Yong Keluhkan Kinerja Wasit

Babak Belur Dihajar Vietnam, Shin Tae Yong Keluhkan Kinerja Wasit
Timnas Indonesia kalah telak dari Vietnam 0-4 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia Grup G, Selasa (8/6/2021) dini hari (dok PSSI)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Indonesia babak belur menelan kekalahan telak 0-4 dari Vietnam dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (8/6/2021) dini hari WIB.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengeluhkan kinerja wasit usai dalam laga tersebut. Pelatih asal Korea itu menyoroti gol pertama Vietnam yang dicetak Nguyen Tien Linh pada menit ke-51, dia menilai gol pembuka Vietnam tidak terjadi karena Tien Linh lebih dulu handball sebelum gol terjadi.

Dalam tayangan ulang, bola tendangan Tienh Linh yang diblok Arif Satria memang mengenai tangan. Bola kemudian bisa disontek Tien Linh untuk membobol gawang Nadeo Argawinata.

Wasit Ahmad Al Ali tetap mengesahkan gol itu meski para pemain Indonesia sempat melakukan protes. Keputusan sang pengadil ini pula yang disoroti oleh Shin Tae Yong.

"Gol pertama itu karena wasit dan hakim garis salah 100 persen. Itu pasti kena tangan pemain Vietnam. Jadi karena itu kami kehilangan momentum, keseluruhan pertandingan jadi susah buat kami," sebut Shin Tae Yong dalam  jumpa pers setelah pertandingan.

"Setelah kemasukan tiga gol beruntun, kami seharusnya dapat penalti tapi karena tidak diberikan akhirnya arah permainan semakin ke Vietnam sehingga kami harus mengalami kekalahan," tambahnya.

Vietnam semakin nyaman bermain setelah gol Tien Linh itu, dan hasilnya tiga gol tambahan bisa diciptakan Vietnam melalui Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong 67'), dan gol penutup dari Vu Van Thanh (74').

Dengan hasil kekalahan ini tidak mengubah posisi Timnas Indonesia di posisi juru kunci klasemen Grup G dengan mengoleksi satu poin. Sebaliknya Vietnam kini kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin. ***