Atur Jadwal Minum Selama Puasa Ramadan Agar Tidak Dehidrasi

Atur Jadwal Minum Selama Puasa Ramadan Agar Tidak Dehidrasi
ilustrasi Jaga Minum Agar Tak Dehidrasi Selama Ramadan

WJtoday, Jakarta - Selama menjalani puasa di bulan Ramadan, kita yang bergama islam tidak bisa makan ataupun minum hingga dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Padahal, tubuh manusia setidaknya membutuhkan delapan gelas air putih dalam sehari.

Apabila tidak mengatur asupan cairan selama puasa, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi.

Untuk  menghindari hal tersebut, ada jadwal minum yang bisa diterapkan agar dalam satu hari, kita tetap bisa mengonsumsi delapan gelas air meski sedang berpuasa di siang harinya.

Berikut jadwal minum air saat berpuasa seperti yang dilansir dari Instagram Devi Rosa, seorang Herbalife Coach.

1. Dua air putih saat sahur
Sebenarnya, dua gelas ini tidak banyak. Kalaupun Anda bisa meminum lebih banyak air putih saat sahur, maka tidak masalah.

Namun, agar teratur dan tertib, Anda bisa meminum dua gelas air putih saat sahur dengan dibagi ke dalam dua kondisi.

Kondisi yang pertama adalah Anda minum satu gelas sesaat setelah bangun untuk melaksanakan sahur.

Jadi, saat baru bangun tidur, Anda langsung konsumsi satu gelas air putih. Lalu, berikutnya adalah satu gelas lagi yang diminum setelah santap makanan sahur.

Maka saat sahur Anda sudah mengonsumsi dua gelas air putih.

Perlu diingat, yang diminum adalah air putih. Dan dianjurkan untuk menjauhi minuman kopi dan teh saat sahur agar terhindar dari dehidrasi.

2. Dua gelas saat berbuka puasa
Tidak jauh berbeda dengan saat waktu sahur, dua gelas saat berbuka puasa ini juga bisa dibagi ke dalam dua kondisi.

Kondisi pertama adalah sesaat adzan maghrib berkumandang. Saat adzan berkumandang, Anda bisa membatalkan puasa dengan satu gelas air putih lalu setelahnya baru dilanjut dengan makan takjil.

Lalu, setelah makan takjil dan makanan lainnya, Anda bisa minum satu gelas air putih lagi sebelum melanjutkan ibadah salat maghrib.

3. Dua gelas setelah salat maghrib dan isya
Setelah melaksanakan salat maghrib, Anda jangan lupa untuk meminum satu gelas air putih lagi. Lalu, dilanjut setelahnya sehabis Anda melaksanakan salat isya sebelum tarawih.

Jadi, dalam rentang waktu salat maghrib dan isya, Anda sudah meminum dua gelas air putih dan menjadi gelas ke enam untuk hari itu.

4. Dua gelas selesai tarawih dan sebelum tidur
Selesai Anda melaksanakan salat tarawih, jangan lupa untuk minum satu gelas lagi air putih.

Kemudian, sebelum tidur, Anda tutup satu hari itu dengan gelas satu gelas terakhir atau gelas ke delapan.

Itu lah jadwal minum yang bisa Anda ikuti. Kalau memang Anda pribadi yang suka minum, maka tidak ada kekhawatiran untuk pengaturan jadwal secara pribadi.

Namun, jadwal ini khususnya bisa digunakan bagi mereka yang merasa bingung mengatur waktu minum delapan gelas sehari saat puasa Ramadan. Bisa juga bagi mereka yang memang agak susah untuk minum air putih. ***