Assen Dinobatkan Sebagai Sirkuit Terfavorit Penggemar MotoGP

Assen Dinobatkan Sebagai Sirkuit Terfavorit Penggemar MotoGP
Sirkuit Sirkuit Assen, Belanda.(MotoGP)

WJtoday, Jakarta - Hasil survei yang dilakukan Motorsport Network dan Dorna Sports menunjukkan sirkuit yang paling disukai pecinta MotoGP. Sirkuit Assen dinobatkan sebagai sirkuit terfavorit bagi pendukung MotoGP di seluruh dunia.

Melansir dari Motorsport Network, Sabtu (10/9/2022), Dorna Sports merilis hasil Survey penggemar MotoGP 2022. Jajak pendapat ini diikuti 109.676 penggemar dari 179 negara, membuat itu jadi yang terbesar pernah digelar di MotoGP.

Hasilnya, Sirkuit Assen menjadi sirkuit terfavorit bagi pendukung MotoGP di seluruh dunia. Sejumlah 74 persen penggemar memilih sirkuit di Belanda itu.

Sebanyak 40 persen responden mengungkapkan sudah pernah hadir di sirkuit dalam lima tahun terakhir. Sebagai tambahan, 24 persen penggemar rela bepergian ke luar negeri hanya untuk menonton lomba.

Penggemar balapan dari Belanda paling antusias datang ke trek di luar maupun dalam negeri. Berdasarkan survei diketahui bahwa mereka tak hanya mendukung idolanya dari Assen, tapi juga rela merogoh kocek untuk menonton di mancanegara.

Selanjutnya, Austria di posisi kedua. Sekira 68 persen dari yang disurvei setidaknya pernah pergi sekali dalam lima musim ini.

Spanyol mengisi tempat ketiga 62 persen, diikuti Inggris 52 persen dan Jerman 50 persen. Peringkat keenam dibagi Prancis, Italia serta Portugal dengan 48 persen. 

Di luar Benua Eropa, Argentina paling banyak punya penggemar yang berusaha datang ke sirkuit, yakni 60 persen. Australia mencapai 48 persen, Jepang 46 persen dan Amerika Serikat sebanyak 43 persen.***