Arung Jeram Moncongos Siap Jadi Destinasi Wisata Kabupaten Kuningan

Arung Jeram Moncongos Siap Jadi Destinasi Wisata Kabupaten Kuningan
Objek wisata Bukit dan arung jeram Moncongos di Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan. (kuninganmass.com)

WJtoday, Kuningan - Bupati Kuningan Acep Purnama meresmikan objek wisata Bukit dan arung jeram Moncongos di Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi, Minggu (18/9).

Acep mengapresiasi pembangunan kawasan objek wisata ini dan berpesan agar pengelolaannya terus dikembangkan dan berkelanjutan.

“Semoga objek wisata ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Kuningan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa khususnya Desa Sukaimut,” ujar Acep dalam rilis, dikutip Selasa (20/9/2022).

Dikatakan Bupati Acep, potensi wisata alam di wilayahnya perlu terus dipromosikan ke daerah luar untuk menarik perhatian wisatawan.

Promosi tersebut bisa dilakukan melalui media sosial seiring dengan perkembangan informasi teknologi.

“Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan potensi wisata di Kuningan,” ungkap dia.

Dia juga mengatakan, dalam pengembangan potensi wisata di Kuningan, pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung dengan tujuan untuk meningkatkan sumber perekonomian masyarakat. 

Kini fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, dari mulai guide, pelampung, dekker, sepatu karet, P3K, dokumentasi bahkan transportasi dan air minum.

Namun, karena masih terbatas rafting/arum jeram dan river turbing bisa diakses melalui booking saja. Kecuali hari libur seperti Sabtu-Minggu, biasanya para pengelola stand by disana.

Bagi yang mungkin sudah pernah mencoba rafting sebelumnya, tempat yang satu ini bisa jadi lebih bikin kecanduan.

Selain tracknya yang panjang, bahkan mungkin akn terus diperpanjang, disini juga ada titik-titik arus yang cukup kencang dengan medan batu-batu yang membuat kita bisa ikut terbawa tegang saking serunya.

Belum lagi ada perjalanan ‘unik’nya. Dimana, di tengah perjalanan kita mencoba river turbing maupun rafting, kita akan melewati sebuah curug bernama Cijayanti.

Meskipun perjalanan river turbingnya cukup jauh, tidak perlu khawatir perjalanan pulang kembali ke start. Kita, akan dijemput menggunakan mobil bak terbuka.  ***