Kualifikasi Piala Dunia 2022

Argentina Buka Peluang Lolos ke Putaran Final, Menang 1-0 dari Uruguay

Argentina Buka Peluang Lolos ke Putaran Final, Menang 1-0 dari Uruguay
Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez, kedua kanan, memeluk rekan setimnya Lionel Messi pada akhir pertandingan kualifikasi melawan Uruguay untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022 di Montevideo, Uruguay, Jumat, 12 November 2021. (AP Photo/Matilde Campodonico, Pool )


WJtoday, Bandung - Argentina berhasil membawa pulang tiga poin saat mengalahkan tuan rumah Uruguay dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol di Estadio Campeon del Siglo, Sabtu pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Gol kemenangan Argentina dicetak oleh Angel di Maria.

Dengan hasil ini, Argentina memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Dunia dengan berada di posisi ke-2 klasemen sementara.

Sedangkan Uruguay masih harus berjuang untuk lolos ke Piala Dunia dengan sementara ini duduk di peringkat ke-6.

Luis Suarez dan kawan-kawan tertinggal defisit gol dari Kolombia di peringkat ke-5, yang merupakan slot terakhir untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Bermain sebagai tuan rumah, Uruguay justru dikejutkan dengan gol cepat Angel di Maria pada menit ke-7.

Memanfaatkan umpan dari Paulo Dybala, pemain Paris Saint-Germain (PSG) tersebut sukses menjebol gawang Fernando Muslera dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Argentina.

Tertinggal satu gol, pemain Uruguay berusaha meningkatkan intensitas serangan demi menyamakan kedudukan.

Uruguay coba langsung membalas gol Argentina pada menit ke-10 melalui percobaan Luis Suarez, tetapi usahanya masih membuat bola melambung ke atas mistar.

Pada menit ke-31, Uruguay menciptakan peluang melalui tendangan Suarez dari luar kotak penalti. Namun, bolanya masih membentur tiang gawang sisi kiri kawalan Emiliano Martinez.

Uruguay kembali menebar ancaman lewat tendangan Matias Vecino pada menit ke-42, tetapi bola masih bisa ditangkap Martinez.

Hingga jeda, skor 1-0 tak berubah untuk keunggulan Argentina.

Babak kedua berjalan dengan tempo lebih lambat dan tidak banyak peluang yang tercipta dari kedua tim.

Argentina cuma sesekali menekan, sementara Uruguay juga kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Pada menit ke-75, Argentina mengancam lewat tendangan Joaquin Correa, tetapi Muslera masih bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Beberapa kali percobaan Uruguay banyak diblok barisan pertahanan Argentina.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni mencoba untuk menambahkan keunggulan dengan memasukkan Lionel Messi untuk menggantikan Giovani lo Celso pada menit ke-76.

Namun, Messi baru bisa menciptakan peluang di masa injury time, di mana sepakannya masih melenceng tipis dari gawang Uruguay.

Hingga laga bubar, kemenangan 1-0 Argentina atas Uruguay tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Uruguay (4-1-4-1): 1-Fernando Muslera; 22-Martin Caceres, 2-Jose Gimenez, 3-Diego Godin, 17-Joaquin Piquerez; 5-Matias Vecino (10-Agustin Martinez 64'); 8-Nahitan Nandez (7-Fernando Gorriaran 81'), 14-Lucas Torreira, 6-Rodrigo Bentancur (18-Mauro Arambarri 76'), 16-Brian Rodriguez; 9-Luis Suarez

Argentina (4-3-3): 23-Emiliano Martinez; 5-Nahuel Molina, 13-Cristian Romero, 19-Nicolas Otamendi, 8-Marcos Acuna; 7-Rodrigo De Paul (14-Exequiel Palacios 81'), 18-Guido Rodriguez, 20-Giovani Lo Celso (10-Lionel Messi 76'); 11-Angel Di Maria (9-Angel Correa 55'), 22-Lautaro Martinez (17-Papu Gomez 55'), 21-Paulo Dybala (16-Joaquin Correa 46').***