Antisipasi Covid-19, Kejaksaan Negeri Blitar Gelar Sidang Melalui Video Conference

Antisipasi Covid-19, Kejaksaan Negeri Blitar Gelar Sidang Melalui Video Conference
Antisipasi Covid-19, Kejaksaan Negeri Blitar Gelar Sidang Melalui Video Conference
WJtoday - Kejaksaan Negeri (Kejari) Blitar tetap menggelar sidang dengan melalui video conference, sebagai antisipasi penyebaran dan penularan Covid-19. Proses jalannya sidang digelar sesuai dengan aturan dalam persidangan, dimana Majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan terdakwa hadir ditempat masing-masing.

Dengan memanfaatkan sarana TI secara video conference secara serentak, Majelis Hakim di ruang sidang PN Blitar, JPU di Kejaksaan dan terdakwa yang disidang menjalaninya di Lapas Klas II Blitar.

Kepala Kejari Blitar, Bangkit Sormin melalui Kasi Pidum Andi Surya Perdana menjelaskan, adanya penyebaran virus Covid-19 ini membuat seluruh institusi pemerintahan termasuk Kejaksaan RI membuat terobosan-terobosan diantaranya lewat video conference.

"Ini sebagai solusi untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan mentaati himbauan pemerintah pusat tentang menerapkan physical distancing dan social distancing," ungkapnya, Selasa 7 April 2020.

Lanjutnya, Jaksa, Hakim dan Sipir di Blitar dapat tetap menjalankan tugas dalam penegakan hukum. Kejaksaan Negeri Blitar bekerja bersama dengan Pengadilan Negeri Blitar dan Rutan/ Lapas Klas II Blitar serta Lapas Anak Blitar membuat terobosan atau solusi yaitu dengan menyelenggarakan persidangan secara online.

"Sudah sekitar 40-50 perkara yang sidangnya diselenggarakan secara online. Sidang yang dimaksud adalah dengan menggunakan aplikasi Teknologi Informasi/TI secara video conference dengan Majelis Hakim tetap berada di PN Blitar," ujarnya.

JPU berada di Kejari Blitar dan Terdakwa yang ditahan di Rutan Blitar tetap berada di Rutan. Selanjutnya untuk para saksi tetap datang ke kantor Kejaksaan Negeri Blitar untuk memberikan kesaksian dengan peralatan TI secara video conference. Dengan demikian diharapkan tugas kami tetap terlaksana dengan baik, sekaligus sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, pungkasnya.***