Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade Tokyo 2020
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

WJtoday, Tokyo  - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke babak final Olimpiade Tokyo 2020, usai kalah dari wakil China, Chen Long pada Minggu (1/8/2021) siang waktu Indonesia. 

Bermain di lapangan 1 Musashino Forest Plaza, Ginting kalah lewat dua set langsung, 16-21, 11-21 dalam laga yang berlangsung selama 46 menit. 

Hasil ini memupus harapan Ginting meraih medali emas untuk Indonesia. Terakhir kali Indonesia meraih emas dari nomor tunggal putra terjadi pada Olimpiade Athena 2004.

Ginting mengawali set pertama dengan apik. Namun, konsentrasinya sempat terpecah dan harus merelakan interval set pertama dengan selisih 5 poin (6-11). 

Dalam posisi unggul, Chen Long dengan cerdik memanfaatkan momentum. Pemenang medali emas Olimpiade Rio 2016 melebarkan jarak menjadi 11-17. 

Pada akhirnya, Chen Long mampu mengamankan kemenangan set pertama dengan skor 16-21. 

Memasuki gim kedua, Ginting kembali tertinggal lebih dulu. Tetapi, perlahan atlet berusia 24 tahun mampu menyamakan skor menjadi 6-6. 

Namun, sebagai juara bertahan, Chen Long mampu kembali menjauh dan menghentikan raihan poin Ginting. Interval set kedua kembali menjadi milik Chen Long (6-11). 

Usai jeda, Chen Long makin tidak terkejar dan mampu menyudahi laga dengan kemenangan 11-21. 

Kemenangan ini, membuat Chen Long memiliki kans untuk mempertahankan gelar juara Olimpiade. 

Jika di final Chen Long mampu kembali menang, dirinya akan menyamai rekor milik seniornya, Lin Dan yang sukses dua kali beruntun meraih medali emas Olimpiade (2008 & 2012). 

Di babak final, Chen Long sudah ditunggu tunggal putra asal Denmark, Viktor Axelsen.

Sementara itu, Ginting masih berpeluang menggondol medali perunggu. Di perebutan tempat ketiga, Ginting akan menghadapi tunggal putra asal Guatemala, Kevin Cordon.***

Sumber : olympics.com