Anies Baswedan Bantah Mal Akan Buka 5 Juni, ‘Itu Imajinasi, Itu Fiksi’

Anies Baswedan Bantah Mal Akan Buka 5 Juni, ‘Itu Imajinasi, Itu Fiksi’
Anies Baswedan Bantah Mal Akan Buka 5 Juni, ‘Itu Imajinasi, Itu Fiksi’
WJtoday, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI belum menentukan, kapan mal atau pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kembali beroperasi. 

Hal tersebut menanggapi kabar mall di Jakarta akan kembali buka mulai 5 Juni 2020, setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI tahap ketiga berakhir pada 4 Juni nanti. 

"Jadi, kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, itu imajinasi, itu fiksi," ujar Anies di sela peninjauan arus balik Lebaran 2020 di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa 26 Mei 2020. 


"Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB (Jakarta) diakhiri," ujarnya.

Menurut Anies, tanggal pembukaan kembali mall di Jakarta tidak bisa dipastikan begitu saja, dan menunggu hasil evaluasi PSBB tahap ketiga. 

"Pembukaan mal mulai 5 Juni tidak benar, itu tidak ada. Bahwa PSBB berakhir tanggal 4 (Juni), itu PSBB yang sekarang, tetapi PSBB bisa diperpanjang," kata dia.

Anies mengatakan, PSBB di Jakarta yang berlaku hingga 4 Juni bisa saja kembali diperpanjang sesuai kebutuhan. Sebab, hal itu bergantung pada kepatuhan masyarakat mengikuti aturan PSBB dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19.

"Bisa diperpanjang, bisa juga berakhir. Tetapi, bukan tergantung pemerintah, bukan tergantung para ahli, tergantung perilaku kita semua," ungkapnya. 

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta mengumumkan 73 pusat perbelanjaan modern alias mal siap membuka operasional mulai 5 Juni 2020. Jadwal tersebut mengikuti rencana berakhirnya pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota pada 4 Juni mendatang.***