Anggota DPRD Jabar Minta Vaksinasi PMK tak Beratkan Peternak Kecil

Anggota DPRD Jabar Minta Vaksinasi PMK tak Beratkan Peternak Kecil
Sekretaris Komisi II DPRD Jawa Barat (DPRD Jabar) R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira meminta agar pelaksanaan Vaksinasi PMK jangan sampai memberatkan peternak kecil. (ilustrasi: pam)

WJtoday, Bandung - Sekretaris Komisi II DPRD Jawa Barat (DPRD Jabar) R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mengapresiasi pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan sehat berkuku belah seperti sapi oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

Namun, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini meminta agar pelaksanaan Vaksinasi PMK jangan sampai memberatkan peternak kecil.

"Kalau tidak kasus PMK itu sudah menyebar ke sejumlah wilayah di Jabar. Jadi kalau nanti vaksinasi untuk yang sehat. Maka yang harus dipikirkan ialah bagaimana caranya jangan sampai memberatkan peternakan kecil," jelas Yunandar di Bandung, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, ada titik lengah dari pihak terkait sehingga kasus PMK ini muncul kembali setelah pada tahun 1990-an penyakit ini dinyatakan hilang dari Indonesia.

"Jadi itu puluhan tahun sudah dinyatakan tidak ada atau sudah hilang. Tapi mungkin dari awal itu ada semacam ketidak hati-hatian. Mungkin memang harus lebih diketatkan lagi aturan terkait karantina hewan," ujarnya.  ***