Anggota DPR Asal Jabar Dukung Perjuangan Pemekaran 2 Kabupaten Baru

Anggota DPR Asal Jabar Dukung Perjuangan Pemekaran 2 Kabupaten Baru
Anggota DPR Asal Jabar, Sodik Mudjahid

WJtoday, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) telah menyetujui pemekaran Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat. Keputusan itu diketuk berdasarkan rapat paripurna di DPRD Jawa Barat, Jumat (16/4).

Anggota Komisi Pemerintahan (II) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sodik Mudjahid menilai proses pengesahan daerah masih harus melalui tahapan selanjutnya.

"Benar seperti kata gubernur, itu baru babak semifinal. Babak finalnya dari pemeritah pusat dan DPR/DPD," kata Sodik, Minggu (18/4).

Sebab, dijelaskan Sodik saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

"Kami sudah menanyakan dan meminta penjelasan dari Mendagri. Pemekaran masih akan tertahan karena masih moratorium DOB," papar Sodik yang juga dapil Jawa Barat itu.

Kendati demikian, ditegaskan Politikus Gerindra itu, Komisi II terutama anggota DPR dapil Jawa Barat akan memperjuangkan pemekaran Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat itu,

"DPR terutama anggota DPR dari Jabar akan ikut memperjuangkan," pungkas Sodik.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) mengatakan surat persetujuan pemekaran akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri hingga DPR dan DPD RI untuk disetujui.

"Kita kawal perjuangan di pusat karena setelah ini surat kami akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri dan Insyaallah lancar diajukan ke DPR DPD untuk disetujui. Jadi, masih ada babak final, babak semifinalnya sudah selesai dari kami," ujar Kang Emil usai rapat paripurna.*** (agn)