Ambisi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ambisi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

WJtoday, Jakarta  - Menteri BUMN Erick Thohir  optimis  Indonesia  bakal menjadi tuan rumah multi olahraga internasional, Olimpiade di 2032. Meskipun hal tersebut agak sulit prosesnya karena Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunjuk Brisbane, Australia, sebagai kota pelaksanaannya. 

Erick mengungkap bila Indonesia gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, maka ada harapan bagi Indonedia sebagai kandidat tuan rumah untuk pelaksanaan di tahun 2036 mendatang. 

"Kalau saya harus (tuan rumah). Kita kan harus belajar, kalau kita gagal di sini, bukan berarti kita gagal seterusnya. Kita harus bangkit, sama dengan Covid ini, masa kita menyerah, ya kita harus bangkit. Saya rasa di 2036 kita masih ada kesempatan," ujar Erick dalam sesi wawancara dengan TV Swasta, dikutip Jumat (27/8/2021). 

Komite Olimpiade Indonesia (KOI), kata dia, masih melakukan lobi-lobi dengan otoritas terkait agar Indonesia bisa mendapat kesempatan menjadi negara pelaksana Olimpiade. 

"Tentu Pak Okto yang juga mendapat tugas, salah satu, kita akan coba lakukan lobi-lobi lagi, jangan pernah menyerah, apalagi untuk merah putih," ungkap dia. 

Senada, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mencatat, saat pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 kemarin, Indonesia sempat berkomunikasi dengan Presiden IOC Thomas Bach. 

Dalam kesempatan itu, Indonesia membuka opsi menjadi tuan rumah alternatif bila pelaksanaan Olimpiade 2032 di Brisbane gagal. Bach pun menyambut hangat opsi tersebut dengan menyarankan agar Indonesia terus berjuang. 

Raja Sapta Oktohari mengatakan Jakarta masih memiliki kans untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Kami berkesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan Presiden Thomas Bach terkait posisi Indonesia dengan penetapan Brisbane 2032," kata Raja Sapta Oktohari. 

"Thomas Bach menyampaikan secara langsung kepada saya agar Indonesia jangan berhenti."

"Kami sampaikan ke Thomas Bach bahwa Indonesia sekarang berupaya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tapi persiapan kami tetap ke Olimpiade 2032."

"Pengalaman dari sebelumnya, apabila terjadi sesuatu, Indonesia harus bisa menjadi negara alternatif pertama untuk mengadakan Olimpiade, baik tahun 2032 maupun 2036," ujarnya menambahkan.

Olimpiade sendiri belum pernah diselenggarakan di negara-negara Asia Tenggara.

Praktis, Indonesia akan menjadi negara ASEAN pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade jika berhasil mewujudkan ambisi itu.***