Alasan Mengapa Kita Wajib Pakai Masker Meski Sudah Vaksinasi

Alasan Mengapa Kita Wajib Pakai Masker Meski Sudah Vaksinasi

WJtoday, Jakarta - Pada pertengahan Juni 2021 lalu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pernah mengatakan, vaksin Covid-19 memiliki efektifitas tinggi dalam melindungi masyarakat. 

Menurut Wiku, tingkat efektivitas vaksin Covid-19 yang dimiliki Indonesia melebihi 50%. Namun demikian, kata dia, pada prinsipnya setiap virus pasti akan mengalami mutasi dalam rangka mempertahankan diri. 

"Proses mutasi itu bisa berlangsung terus menerus apabila potensi penularannya masih tetap terjadi. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa vaksin betul-betul bisa memberikan proteksi kolektif atau herd immunity bagi masyarakat," jelasnya seperti yang dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6/2021). 

Oleh karenanya, Satgas Covid-19 menyerukan agar masyarakat mau divaksin. Setelah divaksin, masyarakat juga tetap harus pakai masker dan disiplin menjalankan protokol kesehatan lainnya sesuai dengan imbauan dan kebijakan yang berlangsung.

Mengapa kita harus tetap pakai masker meski sudah disuntik vaksin Covid-19?

1. Pertama, perlindungan optimal dari vaksin baru terbangun 2 minggu setelah vaksinasi dosis kedua.

2. Kedua, vaksin Covid-19 terbukti dapat mengurangi risiko gejala berat hingga kematian, tetapi tidak 100% menghindarkan kita dari penularannya.

3. Ketiga, jika kita sudah menerima vaksin dan terinfeksi, umumnya akan mengalami gejala ringan atau tanpa gejala, tetapi kita tetap dapat menulari orang lain tanpa disadari.

Satgas mengatakan, vaksinasi adalah salah satu cara melindungi tubuh kita dari Covid-19. 

"Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita tetap perlu disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Satgas. 

Bagaimana cara memutus rantai Covid-19? 

- Memakai masker dengan benar sampai menutupi hidung, mulut sampai dagu

- Menjaga jarak serta hindari kerumunan

- Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dengan rutin. 

Vaksin aman dan terbukti melindungi, jadi ayo lekas vaksin saat kesempatannya ada!

Untuk informasi terkait Covid-19 kunjungi situs resmi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin .***