Aksi Jokowi Menjajal Lintasan Sirkuit Mandalika

Aksi Jokowi Menjajal Lintasan Sirkuit Mandalika

WJtoday, NTB - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjajal lintasan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, menggunakan motor pribadinya pada Jumat (12/11/2021). Kegiatan Jokowi menjajal lintasan ini merupakan bagian dari rangkaian peresmian Sirkuit Mandalika.

Dalam video berdurasi 59 detik yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak mengenakan baju dan celana panjang berwarna hitam. Usai mengenakan helm, Jokowi bersiap di garis start dengan menunggangi motor berwarna hijau.

Setelah diberi aba-aba hitungan 1 sampai 3, Jokowi langsung tancap gas melaju di sirkuit sepanjang 4,32 kilometer tersebut ditemani sejumlah motor lainnya.

Dalam video tersebut tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengayunkan bendera sebagai tanda Presiden mulai menjajal aspal sirkuit Mandalika.

Sementara itu, dilansir dari Antara, motor yang dipakai Jokowi untuk menjajal lintasan Sirkuit Mandalika sebelumnya juga dipakainya saat berkeliling dalam kunjungan kerja ke Desa Pa'Api, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Motor bergaya bobber ini memiliki dasar dari Kawasaki W175. W175 milik Jokowi, memiliki perubahan gaya mulai dari roda-roda yang lebih besar dari standar yang menegaskan motor itu berjenis bobber style.

Untuk urusan mesin, motor custom hasil karya Katros Gargae ini dibekali dengan mesin 177cc satu silinder karburator yang menghasilkan tenaga 9,6 kW pada putaran 7.500 rpm, dengan torsinya mencapai 13,2 Nm pada rentang 6.000.


Sirkuit Mandalika

Untuk diketahui sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sirkuit ini memiliki 17 tikungan

Sirkuit yang diperkirakan menelan biaya Rp 1,2 triliun tersebut memiliki panjang lintasan 4,31 km. Sirkuit memiliki total 17 tikungan.

Selain akan menggelar seri penutup World Superbike 2021 pada 19-21 November 2021, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi ajang adu balap Moto GP pada Maret 2022.***