Adik Azis Syamsuddin Disebut Terima Rp200 Juta Terkait Pengurusan DAK Lampung Tengah

Adik Azis Syamsuddin Disebut Terima Rp200 Juta Terkait Pengurusan DAK Lampung Tengah
ilustrasi./twitter

WJtoday, Jakarta - Adik mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, Vio, disebut menerima Rp200 juta untuk pengajuan proposal pengajuan dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah (Lamteng). Duit itu diterima Vio di sebuah kafe, Jakarta.

Kabar ini dibeberkan mantan Kepala Dinas Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman. Dia diminta menyiapkan Rp200 juta saat membawa proposal DAK Lampung Tengah oleh orang kepercayaan Azis, Edi Sujarwo.

"Kami ketemu di bandara, sebelum itu Pak Jarwo sudah pesan kami disuruh menyiapkan uang proposal besarannya Rp200 juta," kata Taufik di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (1/11/2021).

Kejadian itu terjadi sekitar akhir Juli 2017. Saat itu, Taufik bertemu Jarwo atas perintah mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa. Taufik membungkus uang Rp200 juta itu ke dalam kantong plastik.

"(Uang dibawa dengan) kresek plastik ke Pak Jarwo. Sampai Jakarta, kami nginap di hotel atas masukan dari Pak Jarwo," ujar Taufik.

Pada malam harinya, Taufik diajak Jarwo bertemu Azis di kios yang dikelola Vio. Jarwo sempat mengenalkan Vio kepada Taufik sembari menunggu Azis datang. Namun, Azis tak kunjung datang hingga tengah malam.

"Terus Pak Jarwo masuk ke dalam menemui Vio, terus dia keluar kasih tahu ke saya uang proposalnya telah diserahkan ke Vio," ujar Taufik.

Taufik langsung balik ke hotel setelah pemberian uang itu. Dia hanya mengetahui uang itu diterima Vio dari Jarwo. Setelah uang berpindah, Taufik mengaku tidak mengetahui lagi perpindahannya.***