Ada Andil Pelatih Indonesia di Balik Kesuksesan Kevin Cordon Tembus Semifinal Olimpiade

Ada Andil Pelatih Indonesia di Balik Kesuksesan Kevin Cordon Tembus Semifinal Olimpiade
Ekspresi Kevin Cordon pebulu tangkis Guatemala usai kalahkan wakil Korea dan pastikan melaju ke semifinal., Sabtu, 31/7/2021. (olympics.com)

WJtoday, Bandung - Pebulu tangkis Guatemala, Kevin Cordon, menjadi sensasi di cabang olahraga Olimpiade Tokyo 2020. Setelah tampil di empat olimpiade (2008-2016), Cordon akhirnya mampu menjejaki semifinal.

Tiket semifinal diraih Cordon usai mengalahkan wakil Korea Selatan (Korsel), Heo Kwang-hee. Sekadar informasi, Kwang-hee adalah pebulu tangkis yang menyingkirkan wakil Jepang sekaligus nomor satu dunia, Kento Momota, di fase grup.

Pertandingan Cordon melawan Kwang-hee berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7/2021) pagi WIB. Dia menang atas wakil Korea dengan dua set langsung 21-13 dan 21 18.

Di balik kesuksesannya itu, ternyata ada peran pelatih Indonesia yang berkontribusi mendidiknya menjadi pemain hebat.

Memang penampilan Kevin Cordon bisa dibilang melebihi ekspektasi kala mentas di Olimpiade Tokyo 2020. Di babak penyisihan grup, pebulu tangkis berusia 34 tahun itu meraih dua kemenangan sekaligus secara straight game, melawan NG Ka Long Angus (Hong Kong) dan Lino Munoz (Meksiko).

Kemudian  Kevin Cordon secara dramatis mengandaskan perlawanan wakil Belanda, Mark Caljouw di babak 16 besar. Dia memenangi laga yang berlangsung rubber game itu dengan skor 21-17, 3-21, dan 21-19.

Menyertai kesuksesan Cordon, ternyata ada sosok pelatih Indonesia yang berjasa mendidiknya. Hal itu diungkap oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat PBSI, Bambang Roedyanto.

Lewat cuitannya di Twitter, Koh Ruddy -sapaan akrab Bambang Roedyanto- membeberkan sejumlah fakta terkai Kevin Cordon. Pemain asal Guatemala itu dilatih oleh orang Indonesia bernama Khadafi.  ***