9 Negara Telah Lolos Piala Dunia 2022, Ini Daftarnya

9 Negara Telah Lolos Piala Dunia 2022, Ini Daftarnya

WJtoday, Bandung - Piala Dunia 2022 akan dihelat di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan gelaran Piala Dunia terakhir yang akan diikuti oleh 32 negara, edisi 2026 mendatang direncanakan ada 48 tim yang ikut serta.

Qatar sebagai tuan rumah mendapatkan tiket otomatis lolos ke putaran final, 31 slot sisanya dibagi ke negara-negara anggota FIFA lainnya

Sembilan negara yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia akhirnya menyusul langkah tim-tim lainnya dengan memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Rusia 1-0, Minggu (14/11/2021) malam WIB.

Sebelum laga di Stadion Poljud ini dihelat, Kroasia sejatinya masih duduk di peringkat dua klasemen Grup H Kualifikasi Zona Eropa dengan selisih dua poin dari Rusia yang bertengger di puncak. Alhasil, pertemuan kedua tim ini menjadi duel menentukan.

Kroasia sukses mengandaskan Rusia berkat gol yang lahir pada menit ke-81 dari bunuh diri bek kiri Rusia, Fedor Kudryashov. Tim asuhan Zlatko Dalic pun sukses menyalip Rusia di klasemen akhir.

Sementara, Serbia secara luar biasa memastikan kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 dalam partai Kualifikasi Zona Eropa yang digelar di Estadio da Luz, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Dalam laga ini, Portugal yang tinggal membutuhkan minimal hasil imbang untuk lolos sejatinya sempat unggul lebih dulu berkat gol Renato Sanches di awal pertandingan.

Namun, Serbia sukses bangkit. Usai menyamakan kedudukan lewat aksi Dusan Tadic, Serbia memastikan kemenangan berkat gol Aleksandar Mitrovic di menit-menit akhir.

Berkat hasil ini, Serbia berhak mengakhiri babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup A berbekal poin 20, sedangkan Portugal yang finis sebagai runner-up dengan poin 17 harus mengadu nasib di babak play-off.

Setelah Kroasia, tim lain yang menyusul lolos adalah Spanyol. Kepastian ini diperoleh setelah La Furia Roja mengalahkan Swedia 1-0, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Gol tunggal yang dicetak Alvaro Morata di menit-menit akhir babak kedua sudah cukup untuk membawa Spanyol mengakhiri Kualifikasi sebagai jawara Grup B dengan poin 19.

Sementara itu, Swedia yang finis di peringkat kedua dengan poin 15 harus melanjutkan petualangan di babak play-off.

Dengan demikian, sudah sembilan tim yang kini mengantongi tiket putaran final.

Daftar 9 Negara yang Lolos Putaran Final

1. Jerman

2. Denmark

3. Brasil

4. Belgia

5. Perancis

6. Kroasia

7. Qatar (tuan rumah)

8. Spanyol

9. Serbia. ***