35 Masjid Terbesar di Cologne Jerman Bakal Diizinkan Kumandangkan Azan Jumat dengan Pengeras Suara

35 Masjid Terbesar di Cologne Jerman Bakal Diizinkan Kumandangkan Azan Jumat dengan Pengeras Suara
Masjid Pusat di Cologne, Jerman./twitter

WJtoday, Jerman - Masjid terbesar di Jerman akan diizinkan mengumandangkan azan melalui pengeras suara pada waktu zuhur setiap Jumat. Keputusan ini terjadi setelah tercapai kesepakatan antara pemerintah Kota Cologne dan komunitas muslim di kota itu.

Seluruh 35 masjid di Cologne kini akan dibolehkan mengumandangkan azan selama lima menit pada saat zuhur setiap Jumat.

Aturan ini termasuk berlaku untuk Masjid Pusat Cologne yang didirikan pada 2018 setelah tempat ibadah itu menjadi sumber kemarahan kelompok ekstrem kanan yang kian menguat sejak membanjirnya pencari suaka pada 2015-2016.

"Mengizinkan muazin mengumandangkan azan adalah bentuk penghormatan," ujar Wali Kota Cologne Henriette Reker dalam cuitannya di Twitter, seperti dilansir laman Aljazeera, Rabu (13/10/2021).

Kumandang azan ini, kata Reker, diizinkan setelah sebelumnya gereja katedral Cologne--terbesar di Eropa Utara--juga dibolehkan membunyikan lonceng.

"Ini memperlihatkan perbedaan sangat dijunjung tinggi dan berlaku di Cologne."

Di saat proses pembangunan masjid berjalan, para pendukung menjamin bahwa masjid itu tidak akan mengumandangkan azan rutin lima kali sehari seperti di negara muslim.

Pemerintah kota menuturkan, seruan azan Jumat itu harus mengikuti syarat batasan kerasnya suara dan memberitahukan warga sekitar terlebih dahulu.

Di Jerman saat ini ada sekitar 4,5 juta warga muslim, kelompok minoritas agama terbesar di negara itu.***