2.747 Warga Depok Jalani Rapid Test, 126 Terindikasi Positif Covid-19

2.747 Warga Depok Jalani Rapid Test, 126 Terindikasi Positif Covid-19
Lihat Foto
WJtoday, Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Jawa Barat menyatakan bahwa layanan pemeriksaan menggunakan alat diagnostik cepat untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab COVID-19 sudah menjangkau 2.747 warga.

 Dari hasil tes cepat tersebut total terdapat 128 warga terindikasi Covid-19.

"Untuk perkembangan (pelaksanaan) rapid test (pemeriksaan cepat), per tanggal 4 April 2020 total yang sudah rapid test sebanyak 2.747 orang," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulis pemerintah kota, Senin (6/4/2020) mengenai pelaksanaan pemeriksaan cepat COVID-19 di rumah sakit dan puskesmas.

Ia memerinci, pemeriksaan menggunakan alat diagnostik cepat sudah dilakukan terhadap 1.050 pasien dalam pengawasan dan tenaga kesehatan di rumah sakit dan hasilnya ada 67 orang yang diindikasikan positif terinfeksi virus corona.

Selain itu ada 210 orang pasien dalam pengawasan, orang dalam pemantauan, dan tenaga kesehatan yang menjalani pemeriksaan cepat di Laboratorium Kesehatan Daerah dan hasilnya menunjukkan ada 13 orang yang menurut indikasi terserang COVID-19.

Sementara di puskesmas-puskesmas, pemeriksaan cepat sudah dilakukan pada 1.487 pasien dalam pengawasan, orang dalam pemantauan, dan tenaga kesehatan dan hasilnya ada 46 orang yang menunjukkan indikasi tertular virus corona.

Idris mengatakan orang-orang yang menunjukkan indikasi terinfeksi virus corona menurut hasil pemeriksaan cepat akan diperiksa lebih lanjut untuk memastikan kondisinya.

"Bagi yang positif dari hasil rapid test akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab dengan PCR. Direncanakan pada hari Senin 6 April 2020 akan dilakukan di Labkesda Kota Depok untuk 60 orang dan untuk rumah sakit akan dilakukan secara mandiri," terangnya.

Menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, hingga Minggu (5/4) ada 64 orang yang dikonfirmasi positif COVID-19, 10 sudah sembuh dan delapan orang meninggal dunia. ***